Content Management System (CMS)

PENGERTIAN CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM)

CMS adalah singkatan dari content management system atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola web.

cms adalah

Fungsi inilah yang akan membantu banyak orang memiliki website yang lebih tertata. Karena CMS juga membantu untuk mengatur dan mengedit dari website tersebut. Sehingga lebih menarik untuk dilihat dan akan mendatangkan banyak pengunjung.

CMS Sebagai Pengganti Bahasa Pemprograman Kemunculan CMS bagi dunia digital adalah suatu keuntungan bagi pecinta dunia digital. Karena CMS membantu untuk mempermudah tugas Anda untuk mempelajari bahasa pemrograman dalam membangun website.

Keberadaan CMS, maka bahasa pemrograman tidak lagi dibutuhkan. Karena dengan CMS website yang bagus dengan segala isinya, dapat langsung Anda milikki. Hal ini tentunya menarik untuk dipahami, keberadaan CMS adalah momen yang sangat menguntungkan. Dan pemilik website tidak perlu menjadi ahli pemrograman web dadakan untuk mendapatkan website gratis. Itulah keunggulan CMS dibandingkan bahasa pemrograman. Sudah cukup paham? Berikutnya akan dijelaskan tentang kegunaan CMS lainnya.

FUNGSI CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM)

Fungsi CMS adalah untuk mempermudah pencarian data dalam website. Website yang dibuat, tentunya tidak hanya menyimpan satu ataupun dua artikel, tentunya sangat banyak data yang ada didalamnya. Karenanya, dengan CMS proses pencarian data akan lebih mudah dilakukan.

Fungsi CMS

Fungsi CMS berikutnya adalah mempermudah pemilik wesbite untuk mengedit konten atau artikel yang akan dimasukkan dalam website. Pengeditan dapat dilakukan secara langsung dengan memasukkan beberapa artikel. Jadi, artikel akan diurutkan sesuai judul ataupun bidang penulisan. Pada fitur ini, tentu tidak dibutuhkan bahasa pemrograman untuk mengeditnya. Karena CMS telah mengaturnya sedemikian rupa, sehingga memudahkan pengguna dan pembaca website.

Satu hal penting lainnya adalah CMS merupakan aplikasi yang akan memudahkan pemilik website. Karena awalnya pekerjaan bahasa pemrograman adalah bahasa yang rumit. Kini telah menjadi sangat mudah dan tidak memakan waktu banyak. CMS inilah yang memegang peranan penting, sehingga semakin banyak orang yang menggunakan website untuk kebutuhan mereka. Itulah beberapa kegunaan CMS yang jarang diketahui oleh banyak orang.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CMS 

(CONTENT MANAGEMENT SYSTEM)

Hal pertama yang sangat menguntungkan adalah Anda dapat menggunakan sebuah kerangka website yang siap dipakai. Artinya, pemilik website hanya perlu mengisikan konten dan mengedit tampilan. Bila dibandingkan pembuatan secara manual, cara ini tentunya sangat memudahkan dan lebih cepat. Sehingga website dapat digunakan sesegera mungkin setelah konten diisikan. Jika begini, dapat disimpulkan bahwa CMS telah menyiapkan kerangka website dan pemilik hanya perlu mengisinya.

Kedua, memiliki banyak fitur dan support. Untuk Anda yang senang dengan fitur dan support menarik pada website, maka menggunakan CMS sebagai kerangka website adalah pilihan tepat. Karena CMS adalah sistem yang telah memberikan banyak pilihan fitur dan support siap digunakan. Namun, pilihlah fitur dan support yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak memperlambat pergerakan dari website. Perhatikan pula RAM yang dimilikki, apakah dapat menampung semua fitur ataupun sebaliknya.

Ketiga,memiliki sistem open source. Artinya, Anda dapat mengakses layanan yang ada dalam CMS dengan leluasa. Tidak perlu khawatir untuk membayar layanan tersebut, karena kebanyakan dari layanan ini diberikan secara gratis. Keuntungan ini, tentunya sangat menarik untuk dimilikki. Namun sebelum memilih menggunakan CMS, sebaiknya mengetahui beberapa jenis dari CMS. Sehingga pemilihan dapat dilakukans sesuai dengan kebutuhan.

JENIS DAN CONTOH CMS

(CONTENT MANAGEMENT SYSTEM)

CMS rupanya memiliki beberapa jenis dan setiap jenis memiliki kegunaannya masing-masing. Karenanya, penting untuk mengetahui masing-masing jenis dan kegunaannya antara lain:

  1. CMS untuk personal web, biasanya CMS ini digunakan untuk membuat website personal. Biasanya pengguna menggunakan CMS Joomla atau Mambo untuk merakit website. Untuk contohnya, Anda dapat melihat wordpress yang sudah beredar di internet.
  2. CMS untuk toko online banyak jenisnya, misalnya PrestaShop, Magento, Drupal dan yang lain. Kegunaan jenis CMS adalah untuk membuka sebuah website yang menjual produk ataupun jasa. Biasanya digunakan oleh toko online.
  3. CMS untuk website personal blog, untuk yang satu ini Anda dapat melihat beberapa produk yang menggunakan nama wordpress. WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan dikomunitas dan dunia. Jika merasakan kekurangan informasi, banyak komunitas wordpress yang dapat membantu dan menjelaskan penggunaan website tersebut.
  4. CMS untuk membuat forum, bagi yang ingin menciptakan sebuah forum sebaiknya menggunakan phpBB, vBulletin dan yang lainnya. Dengan CMS ini Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan.

FITUR CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM)

1. Fleksibilitas

Tidak peduli seberapa jauh kita berpikir, perkembangan dan kebutuhan website untuk bisnis akan terus meningkat. Itulah sebabnya kita membutuhkan CMS yang tidak hanya bagus tetapi juga fleksibel. CMS yang tidak fleksibel akan menyebabkan banyak masalah dikemudian hari.

Selain itu, platform CMS yang fleksibel akan lebih hemat biaya dalam hal pengembangan. Fleksibel disini artinya bisa dikembangkan sesuai kebutuhan, serta memiliki dukungan untuk plugin, widget, dan aplikasi.

2. Open source

Software open source membawa pengembangan yang lebih jauh dari poin tunggal dan membawa kekuatan bagi komunitas. Ciri dari CMS yang modern adalah up-to-date, fresh, dan powerful. Komunitas yang kuat, di mana semua orang mengambil bagian dalam desain, pengembangan dan dukungan untuk platform itu sendiri.

Meskipun terkadang software open source selalu memiliki pro dan kontra, tetapi yang pasti CMS open source jauh lebih unggul dalam hal dukungan dan basis komunitas yang kuat.

3. Kontrol

Dalam banyak hal, ini adalah fitur yang paling penting dari setiap CMS modern. CMS modern harus memiliki kontrol yang baik untuk menipulasi konten. Berikut adalah beberapa fitur yang harus ada dalam sebuah CMS:

– Quick publishing

– Akses kode HTML dari template

– Editing struktur URL

– Konten dan desain

4. Customizability

Customizability berkaitan dengan bagaimana suatu platform bisa menyesuaikan dengan keinginan kita. Plugin, widget, aplikasi, komponen, kontrol, dan yang lainnya tersedia untuk memenuhi kebutuhan kita. Jika kita tidak menemukan apa yang kita butuhkan, kita juga bisa membuat ekstensi sendiri.

Kita harus bisa memilih tema, desain, atau template untuk website,dan juga bisa memodifikasi atau menghapus sesuai keinginan.

5. Keamanan

Ini adalah faktor penting yang harus dimiliki oleh semua CMS saat ini. Jadi jangan hanya memilih CMS yang terlihat bagus dan memiliki fitur lengkap saja, tetapi didalamnya memiliki celah keamanan yang berbahaya. Hal ini tentu akan sangat beresiko untuk kelangsungan website kita.

CMS yang ada saat ini memiliki dua jenis lisensi yaitu berbayar dan open source. Sistem berbasis open source masih banyak dipilih oleh common user hingga perusahaan ber-skala kecil untuk menekan pengeluaran. Namun, layaknya pedang bermata dua, sistem berbasis open source memilik isisi lain yang merugikan yakni masalah keamanannya.






Komentar

Postingan Populer